Rapor Prestasi Pemain Bola Indonesia: Siapa yang Paling Cemerlang?

Beberapa pemain bola Indonesia yang melebarkan karirnya di luar negeri sudah melakoni laga bersama klubnya masing-masing. Beberapa di antara sejumlah pemain tersebut memang tampil dengan sangat apik, akan tetapi beberapa menjadi cadangan saja.

Ilham Udin Armaiyn dan Evan Dimas

Misalnya saja Ilham Udin Armaiyn. Pemain sayap Tim Nasional Indonesia U-23 ini berhasil menyumbangkan assist saat Selangor FA mengalahkan tim MOF FC dengan skor telak 3-0.

Selangor FA sendiri melenggang ke putaran ketiga Piala FA Malaysia 2018 berkat adanya kontribusi pentingnya Ilham dan juga Evan Dimas. Tim nasional Malaysia itu menang dengan skor 3-0 ketika mereka dijamu MOF FOC pada hari Minggu (4/3) malam. Evan Dimas pasalnya bermain penuh di laga ini sedangkan Ilham Udin baru dimainkan pada babak kedua.

Kendati demikian, tidak bisa dipungkiri bahwa Ilham sendiri telah sukses menjadi penyumbang assist terhadap gol pembuka milik Selangor FA yang mana dicetak oleh Amri Yahyah pada menit ke-70.

Terens Owang Puhiri

Sementara itu Terens Owang Puhiri yang namanya sempat beberapa waktu meroket saat mencetak gol run bersama Borneo FC, justru kembali menjadi penghangat bangku pemain cadangan bersama timnya.

Pemain ini juga membela Port FC di mana klub ini menelan kekalahan dengan skor 0-2 dari klub lawan mereka yakni Bangkok Glas, pada hari Minggu (4/3). Di laga ini Terens tidak mendapatkan kesempatan untuk tampil. Sejauh ini, Terens pasalnya tercatat baru melakoni 2 laga sebagai pemain Togel hk pengganti dari total 4 pertandingan Port FC.

Andik Vermansyah

Pemain yang bermain untuk Kedah FA ini juga berkontribusi atas kemenangan yang diraih oleh timnya. Winger dari Timnas Indonesia ini tidak bisa dipungkiri menjadi bagian dari kemenangan Kedah FA ini atas Negeri Sembilan FA. Tim yang dibelanya ini mampu menang dengan skor 1-0 atas lawannya. Andik sendiri sudah dimainkan sejak awal laga.

Kedua tim pasalnya bermain imbang pada waktu normal, akan tetapi Kedah FA sendiri akhirnya berhasil memetik kemenangan lewat gol tunggal di babak tambahan kedua sekaligus juga memastikan langkah mereka pada putaran ketiga.

Achmad Jufriyanto

Pemain Indonesia yang lainnya adalah Achmad Jufriyanto yang bermain dengan Kuala Lumpur FA yang mana pesta gol di Piala FA Malaysia seselesainya mencukur Kuching FC dengan skor 4-0 pada hari Sabtu (3/3).

Pemain yang akrab dipangggil dengan Jupe tersebut kembali menghiasi posisi starter dan juga berhasil menjaga barisan belakang tanpa kebobolan sama sekali.

Ezra Walian

Pemain yang bermain untuk Almere City ini pasalnya belum mendapatkan kepercayaan dari sang pelatih. Pemain naturalisasi Indonesia tersebut kembali menjadi penghangat bangku cadangan ketika Almere City ditekuk Ajax II di lanjutan Eerste Divisie pada hari Sabtu (3/3).

Kali terakhir ia bermain adalah pada tanggal 1 Desember 2017 ketika Almere bermain dengan skor imbang yakni 1-1 saat melawan Volendam. Dan sejauh ini Ezra baru bisa mengoleksi 4 buah gol saja. Sekarang ini Almere sendiri menghuni posisi 8 klasemen,  dengan tertinggal sebanyak 16 poin dari Ajax Amsterdam yang bertengger di puncak.

Demikian lah beberapa pencapaian dan juga prestasi dari beberapa pemain Indonesia yang berkiprah di luar negeri. Memang nampaknya ada yang sangat cemerlang, namun ada juga yang masih merangkak dan berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi timnya di luar negeri.