Resmi! Klausul Messi Dirilis dengan Besar £ 625 Juta

Pada pertandingan terakhir, Messi melakukan aksi yang penting untuk kemenangan Barcelona.Lionel Messi berhasil memastikan kemenangan Barca saat melawan Atletico Madrid dengan tendangan bebas yang luar biasa.Namun ini bukan berarti Messi bisa terus mempertahankan Barcelona.Klausul Messi telah resmi dirilis dan besarannya tidak tanggung-tanggung, mencapai £ 625 juta.Apakah ini artinya Messi bisa dikeluarkan dari klub Catalan itu?

Messi Bisa Dilepas Kapan Saja

Memang tidak ada yang abadi di dalam dunia sepakbola.Siapapun bisa keluar dan masuk.Selama ini, Messi dianggap sebagai pemain yang tidak bisa meninggalkan Barcelona. Messi pun cukup sering mengatakan pada media jika dirinya ingin menghabiskan waktu hingga pensiun di Barcelona. Akan tetapi, semua itu bisa berubah karena saat ini klausulnya telah resmi dirilis.Pihak Barcelona berkaca pada kasus Neymar.

Direktur Strategi dan Keuangan Barcelona, Pancho Schroder mengatakan bahwa keluarnya Neymar ke PSG menunjukkan apa pun dapat terjadi dalam dunia sepak bola. Pancho Schroder merasa tidak akan terkejut jika ada pihak klub lain atau bahkan klub pesaingan sekalipun yang bisa tergoda untuk membayar klausul pelepasan £ 625 juta dalam kontrak Lionel Messi.

Ya, sebelumnya Messi telah menandatangani kontrak baru dengan Barcelona pada bulan November lalu namun Schroder merasa kepergian Neymar dengan biaya yang mencapai rekor dunia ke Paris Saint-Germain beberapa bulan sebelumnya menunjukkan bahwa ada sesuatu yang bisa terjadi dalam dunia transfer sepakbola. Artinya, bukan menjadi hal yang tidak mungkin jika nantinya Barcelona pun melepas pemain asal Argentina tersebut.

Memang, belum diketahui secara pasti klub mana yang memiliki minat untuk membeli klausul buy back tersebut dengan nominal harga yang fantastis. Belum ada juga indikasi bahwa Messi siap untuk meninggalkan Barca.Tentunya, pihak klub harus memikirkan secara matang jika nantinya Messi dilepas dengan harga yang sudah ditentukan.Tapi benar jika dalam dunia sepakbola apapun bisa terjadi.

Keputusan Gila, Tapi Mungkin Terjadi

Messi, pemain berusia 30 tahun itu, hingga saat ini terus tampil subur termasuk di sepanjang musim ini dengan mencetak 32 gol di semua kompetisi untuk klubnya. Dia juga telah menorehkan banyak rekor baik untuk pribadi maupun untuk klub.Hanya saja, persoalannya bukan tentang hal itu.Ada sesuatu yang bisa dipandang gila namun bisa saja terjadi dan itu tidak masalah bagi Barca.

Schroder menyadari sifat “gila” dunia sepakbola.Sebagai contoh, mungkin bisa dianggap keputusan gila ketika Barcelona ingin terus mempertahankan Messi di Nou Camp selama sisa karirnya bahkan sampai dirinya pensiun dari dunia sepakbola. Ini artinya Messi akan selamanya di Barca. Ini hal gila pertama, tetapi hal gila lain juga bisa terjadi dengan memutus anggapan bahwa Messi akan terus bersama Barca.

Schroder yang saat itu berbicara di sebuah acara Keuangan di Olahraga (Finance in Sport) di London, mengatakan kepada media: “Kami membuat klausul yang menurut kami cukup untuk membuat Messi pensiun di FC Barcelona.”Dari sini sebenarnya cukup jelas jika Barca bisa memensiunkan Messi kapan saja. Dia juga menjelaskan bahwa setahun yang lalu mereka berpendapat klausul untuk Neymar juga cukup baik untuk mempertahankan pemain judi bola online namun ternyata tidak dan tanpa Neymar pun, Barca bisa menjalani musim.

Tanpa Neymar, Barca masih memiliki Messi dan jauh sebelum itu, Messi dan Barcelona telah menjuarai berbagai kompetisi dan gelar. Namun, tanpa Messi dan apalagi Neymar juga telah pergi, nasib Barcelona tidak dapat diprediksi.Hanya saja, apapun dan bagaimanapun ini baru sekedar wacana. Kita akan lihat berita selanjutnya tentang Messi dan Barcelona.